15.11.19

Biaya Bikin Sumur Bor di Bandung Dipengaruhi Apa Saja

Biaya pembuatan sumur bor, bisa dilakukan dengan dua cara, pertama adalah biaya paket, kedua dengan skema biaya per meter.

Biaya bikin sumur dengan skema paket adalah biaya yang dikeluarkan jasa pembuatan sumur bor yang sudah dipaket mulai dari kedalaman, diameter pipa yang digunakan, pompa air yang dipakai. Keuntungan biaya paket adalah pengguna tidak perlu pusing mencari dan menentukan material apa yang akan digunakan. Sedang kerugiannya, pengguna harus mengikuti spesifikasi jasa pengeboran, sehingga tidak bisa melakukan tambah kurang terkait dengan material yang digunakan.

Sedangkan biaya bikin sumur dengan skema per meter adalah pengguna menetapkan jasa pengeboran per meter saja, sedangkan material mulai dari diameter pipa, kedalaman, mesin pompa dan aksesoris lainnya bisa didesain sendiri. Keuntungan dengan biaya per meter adalah pengguna leluasa dengan desain yang akan bibuat, sedangkan kerugiannya pengguna harus ikut ribet dalam proses pembikinannya.

Selain faktor diatas, besar biaya pembuatan sumur bor dipengaruhi oleh faktor-faktor berikut ini :

1. Kedalaman Pengeboran Sumur
Semakin dalam sumur yang akan dibor, maka semakin besar biaya yang dikeluarkan, karena perlu tenaga dan mata bor tambahan untuk melakukan pemboran. Misal, jasa pengeboran biasanya membuat harga minimal kedalaman 30 meter. Sedangkan diatas itu mereka melakukan charging sesuai kedalaman per meternya. Biaya yang dikeluarkan bisa sekitar 7,5 juta sampai dengan 45 juta. Kondisi sangat dipengaruhi kedalaman sumur.

2. Besar Diameter Pipa yang Ditanam
Besaran pipa yang dipasang akan sangat berpengaruh terhadap volume air yang keluar. Semakin besar, maka volume sedot air semakin besar. Namun demikian, semakin besar diameter pipa pengeboran, maka perlu biaya tambahan. Biaya tambahan ini disebabkan karena harus menggunakan mata bor yang lebih besar, pipa tanam yang lebih besar serta energi pemboran yang tentu lebih besar.


3. Lokasi Pengeboran Sumur
Lokasi pengeboran sumur juga menentukan besar biaya. Salah satunya timbul karena biaya transportasi membawa alat bor dan aksesorinya. Ada beberapa jasa pengeboran yang memang tidak mempermasalahkan selama dalam radius jangkauan layanan pengeboran sumur.

4. Jenis Tanah dan Kontur
Faktor berikutnya yang menentukan biaya pemboran adala jenis dan kontur tanah. Kontur tanah berbatu jelas akan jauh lebih sulit dilakukan pemboran dibandingkan dengan tanah liat. Selain itu ketinggian dan tingkat kesulitan lokasi juga bisa menimbulkan biaya. Salah satunya tingkat kemanan dan kenyamanan selama proses pemboran sumur.

5. Kualitas Bahan yang Digunakan
Kualitas bahan jelas sangat menentukan, diantaranya kualitas bahan untuk pipa dan pompa. Ada beberapa jenis kualitas pipa yang ditanam, biasanya semakin mahal pipa semakin bagus kualitas dan daya tahannya. Kemudian untuk jenis pompa biasanya menggunakan pompa tanam vertikal yang ditanam dalam sumur, namun demikian ada juga yang menggunakan jet pump sebagaimana sering kita temui. Semua akan tergantung kepada pengguna, mau pakai bahan dengan kualitas seperti apa.

Demikianlah sekilas, beberapa hal yanng menentukan harga berapa biaya yang harus dikeluarkan untuk membuat sebuah sumur bor. Jika Anda masih bingung dan penasaran, dapat mengubungi kami untuk dilakukan proses survey dan analisa. Jabor sebagai Jasa Spesialis Bor Sumur siap membantu.