18.11.19

Jenis Pipa Casing Sumur Bor

Pipa untuk sumur bor terdiri dari dua jenis. Pipa sumur bor berbahan besi dan PVC. Kedua jenis pipa sumur bor ini memiliki keunggulan masing-masing, dalam prakteknya sangat tergantung pada penggunanya.

1. Pipa Sumur Besi
Pipa jenis ini memiliki keunggulan dari kekuatan dan kekerasan. Biasanya dipakai jika kontur tanah keras dan untuk sumur dalam. Adapun kekurangan dari pipa jenis besi ini adalah dalam waktu yang lama akan mengalami korosi yang bisa menyebabkan kebocoran pipa.

Sumur dengan pipa besi memiliki kedalaman sekitar 160 meter dengan menggunakan pompa dengan kapasitas yang besar. Pipa besi yang digunakan biasanya seperti Pipa Galvanis Medium SII Min gunakan 5″ inch -10 Inch.

Kelemahan dari pipa besi yaitu dalam penggunaan jangka waktu tertentu sekitar 15-20 tahun biasanya terjadi pengkroposan  atau korosi yang mana pengeroposan ini dapat terjadi di posisi lapisan atas di mana biasanya air sumur mengandung zat besi tinggi, sehingga pada jangka waktu tertentu kualitas air berubah yang sebelumnya bagus menjadi  kuning yang  diakibatkan oleh pengroposan cassing, selain itu harga pipa cassing besi juga cukup tinggi.

Kelebihan pipa besi yaitu memiliki kekuatan mengatasi tekanan tinggi akibat pompa maupun tekanan dari luar cassing sehingga pompa aman tidak terjepit.

2. Pipa Sumur PVC
Pipa PVC sebagai cassing sumur bor sudah sangat umum digunakan oleh jasa kontraktor sumur bor selain karena harga yang lebih murah, biasanya untuk penggunaan rumah tangga atupun keperluan suplai air bersih bangunan industri yang berada pada area sumber air dangkal.

Spesifikasi pipa PVC yang paling sering di pakai untuk casing sumur bor dan secara teknis paling layak adalah type “D” dan “AW” pada produk pipa merek apapun.

Jika terpaksa menggunakan yang lebih tipis seperti type “C”, maka akan sangat beresiko apalagi untuk pemakaian dengan kedalaman di atas 30 meter.

Untuk sumur bor dengan kedalaman sekitar 60 meter, penggunaan pipa PVC sebagai casing adalah harus dan wajib memilih type AW karena akan lebih kuat menahan tekanan tanah juga lebih mudah ketika memasangnya.

Resiko penggunaan pipa PVC adalah jika mengalami robek di bagian bawah sehingga akan memicu tanah longsor di dalam lubang, dan akan berakibat fatal karena menjepit pipa hisap ataupun pompa submersible yang terpasang.